Panduan tentang Menu

"Selamat Datang di Blog Cara Mengisi Blog dengan Modul Pembelajaran

TANYO CIEK ....!

Jangankan 'ciek', 'sapuluah'pun boleh.

Tanya : Bagaimana cara membuka Blogger milik saya ?
Jawab : Ikuti langkah berikut !
  1. Jalankan Browser (Mozilla Firefox/Internet Explorer/Opera)
  2. Ketik blogger.com pada alamat (address)
  3. Masukkan username dan password pada jendela entri
  4. Pertama kali akan terbuka daftar blog milik Anda dengan masing-masing blog disertai dengan menu Dasbornya.Dasbor adalah dapurnya para Blogger, tempat merampungkan tulisan sebelum dipublikasi kepada Pengunjung Blog. Di Dasbor juga diatur segalanya tentang Blog, mengatur tata letak, template, gadjet, komentar dan sebagainya.
Tanya : Bagaimana cara membuat Posting baru ?
Jawab : Ikuti langkah berikut ini
  1. Klik Entri Baru pada menu Dasbor
  2. Ketik Judul Posting
  3. Ketik isi posting pada jendela Editor
    Ketikan bisa dengan mem-paste-kan dokumen Word2003. Jika Anda memiliki Word 2007/2010, save as dulu file tersebut dan ambil Word 97/2003. Blok, copy dan pindah ke jendela Firefox, dan pastekan di jendela Editor yang sudah terbuka sebelumnya.
  4. Untuk menyimpan posting tanpa publikasi, klik Save. Kalau ingin mempublikasi klik TERBITKAN ENTRI pada bagian kiri bawah jendela Editor. Postingan yang belum diterbitkan hanya bisa dibaca oleh Pemilik (Pengunjung belum bisa melihat)
    Jendela Editor adalah jendela tempat kita mengetik posting.
Tanya : Bagaimana cara merubah postingan sebelumnya ?
Jawab : Semua posting yang dibuat akan ditampilkan dalam sebuah daftar. Posting yang belum diterbitkan akan bertuliskan draft pada akhir judul. Pada setiap posting ada lnk untuk merlakukan tugasseperti Edit, Lihat dan Hapus

Tampilan Dasbor yang dipilih adalah tampilan Posting dengan sub Edit Entri. Proses editing sama dengan cara pembuatan baru. Jika belum akan dipublikasi bisa disave saja, namun jika sudah lengkap bisa langsung dipublikasi dengan mengklik Terbitkan Entri pada bagian kiri bawah jendela Editor.
Dokumen yang sudah dibuat tapi belum dipublikasi akan tetap ada di jendela Dasbor (Posting) sepanjang belum didelete oleh Pemiliknya. Selama editing dilakukan oleh Anda, Blogger secara periodik akan menyimpannya ke server Goggle. Jika ada ketikan yang belum disimpan maka tombol Save akan muncul sebagai SAVE NOW,dan jika sudah disimpan otomatis oleh Blogger akan bertuliskan SAVED (disable).

Tanya : Bagaimana cara menyisipkan gambar ke dalam posting ?
Jawab : Caranya mudah, ikuti langkah berikut ini 
  1. Persiapkan gambar yang akan disisipkan lebih dahulu. Simpan ditempat yang mudah diakses dari dalam Editor.
  2. Ketik postingan lebih dahulu
  3. Letakkan kursor dimana gambar akan disisipkan
  4. Klik tombol Insert Image (disebelah kanan Link)
  5. Pada jendela Open yang muncul kemudian, arahkan pilihan pada gambar yang sudah dipersiapkan. Setelah dipilih Klik Open, dan tunggu blogger melakukan scanning dan penyesuaian besar gambar. Jangan memasukkan gambar dengan ukuran terlalu besar ke dalam posting, karena akan berakibat gagal upload. Ada kiat mudah cara memperkecil ukuran gambar yang akan kita bahas berikut ini
  6. Gambar bisa diatur tata letaknya dan ukuran tampil. Letak gambar bisa di kiri, tengan atau kanan ketikan. Ukuran bisa kecil, sedang besar dan SuperBesar (XLarge). Sesuaikan dengan lebar jendela posting.
Tanya : Bagaimana cara memperkecil ukuran gambar ?
Jawab : Banyak cara memperkecil gambar. Misalnya menggunakan aplikasi Photoshop. Tapi pada kesempatan ini kita akan memilih cara yang sangat mudah tanpa menggunakan aplikasi khusus.
  • Siapkan gambar/foto yang akan diperkecil
  • Buka Mucrosoft Word (versi apa saja yang Anda miliki)
  • Di dalam Word pilih Insert, Picture. Arahkan ke gambar yang aakn diperkecil
  • Rubah ukuran gambar di Word dengan drag and drop menggunakan pointer Mouse.
  • Setelah Anda mendapatkan ukuran yang diinginkan, simpan file Word (beri nama file)
  • Pilih type file Word di atas dengan pilihan Web Page. Misalnya namafilenya adalah Gambar.
  • Dengan pilihan Web Page ini, secara otomatis akan terbentuk sebuah Folder Gambar_files. Di dalam folder tersebut berisi 2 buah file gambar yang sama. Satu gambar dengan ukuran file asli (biasanya diberi nama image01.JPG) dan satu lagi fambar yang sama dengan ukuran lebih klecil. Biasanyanya anam file gambar dengan ukuran lebih kecil ini adalah image2.JPG.
  • Kembali ke jendela Editor (jika sedang mengedit posting). Lalu lakukan prosedur Insert Image seperti panduan di atas. Kali ini gambar yang dipilih adalah file gambar yang berada di dalam folder Gambar_files, dan yang dipilih harus yang image02.jpg.
  • Begitu saja. Mudah kan ?
Tanya : Apakah orang lain bisa menulis di Blog saya ?
Jawab : Tidak, kecuali diundang secara khusus oleh Pemilik Blog (Anda). Namun Pengunjung bisa memberikan komentar tentang tulisan Anda. Pemilik blog juga punya hak penuh terhadap blognya sendiri, termasuk membolehkan atau tidak kepada Pengunjung untuk memberi komentar.

Tanya : Apa itu Label ?
Jawab : Label ada sebuah kata yang menjadi kelompok posting.

Tanya : Kapan Label dibuat ?
Jawab : Label bisa dipersiapkan dari awal, dan bisa juga ditambahkan baru saat sebuah posting membutuhkan label baru. Jika sebuah posting baru akan dikelompokkan ke dalam label yang sudah ada, tinggal memilih dari daftar label yang ada di kiri bawah jendela Editor (Klik Show All untuk menampilkan label yang sudah ada.
TIPs : Sebaiknya label dipersiapkan saat Posting Perdana, sehingga kita dapat memberi label setiap posting lebiih terorganisir. Misalnya untuk Blog MK.PSG Label bisa dipersiapkan sbb : Antropometri, Konsumsi, Klinis, Biofisik, Biokimia, Ekologi, Software. Sebaiknya label jangan terlalu banyak (maksimal 10), agar mudah diingat.

Tanya : Apa kegunaan Label ?
Jawab : Label sangat berguna untuk mencari tulisan sejenis. Apabila salah satu label sudah dipilih oleh Pengunjung saat mengunjungi blog kita, maka akan ditayangkan semua posting yang diberi label tersebut.

Tanya : Apakah satu posting bisa diberi lebih dari 1 label ?
Jawab : Ya, bisa.

Tanya : Bagaimana uturan Posting di dalam Blog ?
Jawab :Urutannya adalah berdasarkan waktu publikasi. Dengan demikian posting perdana akan terletak paling bawah, dan yang terakhir akan terletak paling atas. Dalam hal ini Label akan membantu dalam pencarian. Cara lain adalah dengan membuat Daftar Isi, yang dibuat secara khusus setelah semua posting dilakukan. Untuk membuiat menu membutuhkan aplikasi khusus, misalnya Macromedia Dreamweaver. Setidaknya menu yang sudah dipersiapkan pada bagian kiri atas blog ini sudah cukup membantu. Walaupun penyajian masih berdasarkan waktu tayang.

Tanya : Berapa buah posting yang bisa dilihat sekaligus di halaman depan ?
Jawab : Standarnya adalah 5 buazh. Jika menginginkan lebih dari itu, bisa dilakukan pada menu Pengaturan di dalam menu Dasbor.

Apakah bisa diatur hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melohat blog saya ini ?
Jawab : Bisa. Dilakukan pada menu Pengaaturan pada Dasbor.

Tanya : Apakah postingan bisa dipasswor ?
Jawab : Postingan tidak bisa di-Password.  Jika menginginkan ada bagian tertentu dari posting yang tidak boleh dilihat oleh Pengunjung lakukan dengan menyimpan file di tempat lain (disebut Link). Link bisa berupa halaman (page di blog lain) atau berupa file yang diupload di tempat lain. 

Tanya : Apa itu Link ?
Jawab : Link adalah Tautan, yang jika link itu diklik oleh Pengunjung akan membuka halaman baru di dalam blog ini sendiri atau halaman baru di blog/situs lain. Link juga bisa diperuntukkan untuk mendownload sebuah file dari situs lain. Cara ini yang akan dipakai untuk menyembunyikan konten dari Pembaca. Link bisa dibuat dari milik sendiri atau milik orang lain.

Tanya : Link milik sendiri itu apa ?
Link milik sendiri adalah sebuah tautan yang diarahkan ke halaman/situs atau file milik kita sendiri. Misalnya sebuah postingan kita mebutuhkan sebuah file Power Point. File Power Point disimpan di sebuah Server misalnya Ziddu.com. Kita upload file Power Point ke ziddu.com, kemudian ambil link nya. Saat menulis sebuah posting, gunakan link ini. Kalau pengunjung mengklik kata yg kita pilih untuk link, maka Pengunjung akan dihantarkan ke halaman/file yang kita maksud.

Tanya : Apa itu link milik orang lain ?
Jawab : Link milik orang lainadalah alamat situ atau halaman tertentu atau file tertentu  yang sudah ada di internet sebelumnya, lalu kita jadikan sebagai link di dalam posting kita sendiri. Misalnya : Pada salah satu posting kita memberikan istilah-istilah atau definini. Sedangkan istilah itu kita kutip dari Wikipedia. Maka kita bisa menbuat link Wikipedia ke dalam blog kita untuk membuktikan kepada Pengunjung tentang apa yang kita tulis. Caramembuat link sama saja antara kedua jenis link di atas.

Tanya : Apa guna Link ?
Jawab : Memudahkan mengorganisir blog dan memudahkan Pengunjung mendapatkan apa yang mereka inginkan. Link juga menghindarkan Para Blogger dari Flagiat. Link juga meningkatkan rating kunjungan blog. Blog dengan kunjungan tinggi akan menjadi incaran para Pemasang Iklan, dan tidak tertutup kemungkinan blog kita akan menjadi sumber uang masuk juga bagi Pemiliknya. Lihat saja blog ternama selalu disertai dengan iklan.

Tanya : Bisakah Blog saya dipasangi Iklan ?
Jawab : Bisa. Tinggal cari script pemasang iklan yang ada di internet. Setiap pengunjung blog Anda mengklik sebuah iklan di dalam blog maka server akan mencatat setiap klik. Kita dibayar oleh Pemasang iklan untuk setiap klik yang menghasilkan transaksi melalui pemilik scrip (pay per click = PPC).

Tanya : Apakah blog juga bisa dibuat menu seperti layaknya sebuah Website Professional ?
Jawab : Bisa tergantung jenis dan type template yang digunakan dan kemampuan teknis pembuatan menu.

Jika masih ada yang akan ditanyakan, silahkan klik kata 'tanya lagi' berikut ini yang sudah saya buat ke sebuah halam blog saya, dimana disana disediakan tanya jawab secara live. TANYA LAGI (klik). Itu dinamakan Shoutmix. Pesan ditinggalkan disana dan bisa juga dijawab oleh Pengunjung lain.
Jikan ingin bediskusi di wall facebook atau fb-chat juga bisa, namun ini hanya antar sesama anggota group facebook saja FACEBOOKgroup (klik)