Panduan tentang Menu

"Selamat Datang di Blog Cara Mengisi Blog dengan Modul Pembelajaran

Apa yang sudah dan Apa yang Belum

Ingat !
Saat ini Anda sudah punya :
  • 1 Email Google (gmail) : gz???pdg@gmail.com + password
  • 1 blog di blogger dgn alamat : http://gz???pdg.blogspot.com
Sangat dianjurkan, gunakan email ini untuk keperluan apa saja yang berkaitan dengan dunia maya. Dua keuntungan, pertama : Mensosialisasikan email dengan kode mata kliah, kedua : Menghindari lupa password

Tampilan Blog (Sebelah Kanan)
  • Ada daftar nama teman-teman (collegues) di sebelah kanan, dimana jika diklik salah satu nama nama itu, akan terbuka blog yang bersangkutan pada halaman baru (tag baru). Cara mudah melihat blog teman.
  • Ada counter blog, yang menunjukkan angka jumlah kunjungan, termasuk yang Anda lakukan sendiri
  • Arsip Blog. Disajikan menurut waktu dan jumpah posting tiap bulan
  • Pengikut : adalah orang-orang yang mengikuti blog Anda. Semakin banyak pengikut berarti blog Anda semakin banyak berguna buat orang lain (tersebut).
 Tampilan Blog (Sebelah Kiri)
  • Ada foto Pemilik. Bisa diganti setiap saat Anda mau
  • Daftar Isi. Daftar isi ini didisain secara otomatis. Posting terakhir akan terlihat paling atas. Jika postingan sudah banyak akan muncul scroll untuk melihat semua posting.
  • File Hosting : Ziddu.com, adalah sebuah situs dimana kita dapat menyimpan file untuk kemudian dibagikan (share) di dalam blog atau dimanapun di dunia maya. Dapat juga dijadikan Arsip yang dapat didownload kapanpun dan darimanapun.
  • Administrator : Mengenai si Pemilik Blog. Anda bisa mengedit selengkap2nya sehingga Pengunjung blog mengenal Anda
Tampilan Blog (Bagian Atas)  
  • Judul Blog (Nama Mata Kuliah)
  • Deskripsi Mata Kuliah (silahkan diedit sendiri sesuai mata kuliah bersangkutan)
  • Menu : Pilihan terbaik dalam melengkapi Blog. 
Berikut ini akan dibahas secara ringkas menu-menu tang terdapat bada bagia atas posting blog ini. Menu-menu ini disusun sesuai kebutuhan Anda dalam ngeblog. Dua situs blog terkenal di dunia saat ini yaitu Blogspot dari Google dan Wordpress. Sebagian besar dari menu adalah merupakan fitur Google. Sekali Anda memiliki Akun Google, maka tugas Anda ada mengatur (setting)komponen.
  1. gFB (Group Facebook) : adalah jalan pintas untuk masuk ke group facebook yang anggotanya hanya Dosen Jurusan Gizi. Group tersebut bersifat Rahasia dan tidak akan diketemukan walaupun dicari melalui fasilitas pencarian di facebook. Hanya Anggota saja yang bisa menemukan dan mengisi wall group.
  2. gPhoto (Picasaweb) : Adalah tempat mengupload foto ke server Google. Photo yang sudah diupload bisa digunakan untuk menghiasi postingan di blog Anda sendiri. Foto juga bisa dishare ke situs2 lain seperti facebook dan lain sebagainya
  3. gGite (Google Site) : Adalah fitur Google untuk membuat situs/website/.
    Saat pertama kali diklik akan muncul sebuah halaman milik orang lain dan di dalamnya ada link "My Site". Disana Anda bebas membuat berapapun halaman situ dan untuk berbagai keperluan. Silahkan diekspore jika Anda berminat
  4. wPress (Wordpress) : adalah link untuk membuat blog di Wordpress.
    Saat diklik sudah dibuat link alamat blog Anda sendiri. Namun karna belum ada, Anda tinggal mengklik link pembuatannya. Hanya tinggal mengisikan Nama Mata Kuliah dan password, blog Anda sudah jadi. Alamat blog yang disarankan disana agar diterima saja dan passwordnya harap dibuat sama dengan password blogspot untk menghindari kelupaan. Alamat blog Anda di Wordpress adalah http://gz???pdg.wordpress.com
  5. CDK : Cermin Dunia Kedokteran
    Adalah alamat situs pencarian makalah kesehatan yang banyak memuat hasil penelitian. Link ini sangat bermanfaat buat yang sedang menulis yang membutuhkan refferensi berbahasa Indonesia.
  6. Scribd : ada sebuat situs tempat menyimpan file yang bisa dipublish.
    File disini bisa ditayangkan secara live seperti file Power Point. Jika Anda menginginkan Pengunjung yang menginginkan file tersebut, mereka harus membeli, maka disinilah tempatnya.
  7. 4shared : mirip scribd, namun disini gratis semuanya, dan Pengunjung bisa mendownload file Anda setelah Anda membagikan (share) link nya di dalam posting blog.
  8. gBook (Google Book) adalah perpustakaan online dari Google.
    Google saat ini bisa dijadikan etalase toko buku. Pengarang buku dapat mempublikasi bukunya di Googlebook, namun Pengunjung hanya bisa membaca. Jika menginginkan buku dalam bentuk hardcopy, silahkan menghubungi toko buku sebagaimana yang dicantumkan dalam publikasi buku bersangkutan dalam Google Book.  Anda bisa membuat perpustakaan virtual dengan memasukkan judul-judul buku tertentu yang Anda telusuri. Silahkan diexplore.
  9. Youtube : adalah sebuah situs terkenal tempat mengupload video. Anda bisa memiliki sebuah akun Youtube menggunakan AKun Google Anda sendiri. Di dalam akun Anda nantik bisa mengupload video sendiri atau bisa juga menandai video yang ada di seantero youtube untuk Anda tonton. Di Youtube juga bisa diambil link untuk dibuatkan link di posting blog Anda. Silahkan diexplore.
Pada baris kedua menu disajikan beberapa alamat situs pennting yang sangat dibutuhkan oleh seorang Ahli Gizi dan atau Pegawai Kementrian Kesehatan. Mengklik salah satu link akan membuka tab baru di Firefox. Untuk meyakinkan akan menbuka tab baru silahkan tekan tombol contol diikuti klik pada link. Semoga manfaat