Panduan tentang Menu

"Selamat Datang di Blog Cara Mengisi Blog dengan Modul Pembelajaran

jenis makanan sesuai darah

BAB I

PENDAHULUAN

1.LATAR BELAKANG

Ketika orang bertanya ,”Golongan darah nya apa?” kemudian jawabnya bisa golongan darah A,B,AB,atau O . sebenarnya apa sih golongan darah dan apa perlunya seseorang mengetahui golongan darah.Ada orang beranggapan bahwa golongan darah ini terbentuk dari pola hidup manusia , konon puluh ribu tahun lalu , dimana penduduk bumi masih berupa pembru dan banyak mengkonsumsi daging , penduduk ini banyak mempunyai golongan darah O, kemudian saat manusia ini mulai bercocok tanam dan mencampur makanannya dengan tumbuh-tumbuhan , muncul tipe golongan darah A, lalu berturut-turut setelah terjadi pencampurn budaya dan bangsa , muncul golongan darah B dan terakhr AB.Tipe darah bisa dipakai sebagai tambahan informasi untuk mengenal diri, tapi jangan digunakan sebagai patokan dasar

pembuatan makalah ini adalah bertujuan untuk menguraikan tentang golongan darah bagaimana cara kita mengenalnya.

2.POKOK PEMBAHASAN

Dari latar belakang penulis mempunyai beberapa permasalahan yang harus dibahas dalam kesempatan ini, adapun permasalahan yang timbul yaitu:

1.Golongan Darah

2.Sifat manusia berdasarkan Golongan Darah

3.Mengatur Makanan sesuai Golongan darah

BAB II

PEMBAHASAN

1. GOLONGAN DARAH

Golongan darah manusia ditentukan berdasarkan jenis antigen dan antibodi yang terkandung dalam darahnya, ada juga ahli yang beranggapan bahwa golongan darah ini juga terbentuk dari pola hidup manusia. Golongn darah berguna pada saat kita saat melakukan transfuse darah, yaitu proses transfer darah kemereka yang membutuhkan , missal karena kekurangan darah oleh sebab kecelakaan , penyakit , atau sebab lain . Darah yang diberikan kepada orang yang menerima harus cocok, jika tidak akan terjadi masalah fatal.

Golongan darah adalah ciri khusus darah dari satu individu karena adanya perbedaan jenis karbohidrat dan protein pada permukaan membrane sel darah merah.Degan kata lain golongan darah ditentukan oleh jumlah zat yang terkandung dalam sel darah merah.

Dua jenis golongan darah yang paling penting adalah penggolongan ABO dan factor Rh, di Dunia ini sebenarnya dikenal sekitar 46 jenis antigen selain antigen ABO dan Rh, hanya saja lebuh jarang di jumpai

2.SIFAT MANUSIA BERDASARKAN GOLONGAN DARAH

Tipe darah bisa dipakai sebagai tambahan informasi untuk mengenal diri,dibawah ini beberapa pendapat para ahli tentang sifat manusia berdasarkan Golongan darah :

Gologan darah A

  1. Biasanya orang yang bergolongan darah A ini berkepala dingin, serius, sabar dan kalem atau cool, bahasa kerennya.
  2. Orang yang bergolongan darah A ini mempunyai karakter yang tegas, bisa di andalkan dan dipercaya namun keras kepala.
  3. Sebelum melakukan sesuatu mereka memikirkannya terlebih dahulu. Dan merencanakan segala sesuatunya secara matang. Mereka mengerjakan segalanya dengan sungguh-sungguh dan secara konsisten.
  4. Mereka berusaha membuat diri mereka se wajar dan ideal mungkin.
  5. Mereke bisa kelihatan menyendiri dan jauh dari orang-orang.
  6. mereka mencoba menekan perasaan mereka dan karena sering melakukannya mereka terlihat tegar. Meskipun sebenarnya mereka mempunya sisi yang lembek seperti gugup dan lain sebagainya.
  7. Mereka cenderung keras terhadap orang-orang yang tidak sependapat. Makanya mereka cenderung berada di sekitar orang-orang yang ber'temperamen' sama.



Gologan darah B

  1. Orang yang bergolongan darah B ini cenderung penasaran dan tertarik terhadap segalanya.
  2. Mereka juga cenderung mempunyai terlalu banyak kegemaran dan hobby. Kalau sedang suka dengan sesuatu biasanya mereka menggebu-gebu namun cepat juga bosan.
  3. Tapi biasanya mereka bisa memilih mana yang lebih penting dari sekian banyak hal yang di kerjakannya.
  4. Mereka cenderung ingin menjadi nomor satu dalam berbagai hal ketimbang hanya dianggap rata-rata. Dan biasanya mereka cenderung melalaikan sesuatu jika terfokus dengan kesibukan yang lain. Dengan kata lain, mereka tidak bisa mengerjakan sesuatu secara berbarengan.
  5. Mereka dari luar terlihat cemerlang, riang, bersemangat dan antusias. Namun sebenarnya hal itu semua sama sekali berbeda dengan yang ada didalam diri mereka.
  6. Mereka bisa dikatakan sebagai orang yang tidak ingin bergaul dengan banyak orang.




Gologan darah O

  1. Orang yang bergolongan darah O, mereka ini biasanya berperan dalam menciptakan gairah untuk suatu grup. Dan berperan dalam menciptakan suatu keharmonisan diantara para anggota grup tersebut.
  2. Figur mereka terlihat sebagai orang yang menerima dan melaksakan sesuatu dengan tenang. Mereka pandai menutupi sesuatu sehingga mereka kelihatan selalu riang, damai dan tidak punya masalah sama sekali. Tapi kalau tidak tahan, mereka pasti akan mencari tempat atau orang untuk curhat (tempat mengadu).
  3. Mereka biasanya pemurah (baik hati), senang berbuat kebajikan. Mereka dermawan dan tidak segan-segan mengeluarkan uang untuk orang lain.
  4. Mereka biasanya di cintai oleh semua orang, "loved by all". Tapi mereka sebenarnya keras kepala juga, dan secara rahasia mempunyai pendapatnya sendiri tentang berbagai hal.
  5. Dilain pihak, mereka sangat fleksibel dan sangat mudah menerima hal-hal yang baru.
  6. Mereka cenderung mudah di pengaruhi oleh orang lain dan oleh apa yang mereka lihat dari TV.
  7. Mereka terlihat berkepala dingin dan terpercaya tapi mereka sering tergelincir dan membuat kesalahan yang besar karena kurang berhati-hati. Tapi hal itu yang menyebabkan orang yang bergolongan darah O ini di cintai.



Gologan darah AB

  1. Orang yang bergolongan darah AB ini mempunyai perasaan yang sensitif, lembut.
  2. Mereka penuh perhatian dengan perasaan orang lain dan selalu menghadapi orang lain dengan kepedulian serta kehati-hatian.
  3. Disamping itu mereka keras dengan diri mereka sendiri juga dengan orang-orang yang dekat dengannya.
  4. Mereka jadi cenderung kelihatan mempunyai dua kepribadian.
  5. Mereka sering menjadi orang yang sentimen dan memikirkan sesuatu terlalu dalam.

3.MENGATUR MAKANAN SESUAI GOLONGAN DARAH

Bagi banyak ahli gizi di Indonesia, juga di negara-negara lain, diet yang terbaik untuk dijalankan sampai saat ini adalah dengan gizi seimbang.
Dr. Samuel menjelaskan bahwa diet gizi seimbang adalah mengasup makanan dengan kandungan protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral.
Makanan yang kita asup setiap hari mesti lengkap mengandung semua unsur tersebut. Misalnya, hari ini kita mengonsumsi nasi untuk sumber karbohidrat, tempe atau daging untuk kebutuhan protein, sayur buncis dan wortel untuk kebutuhan vitamin dan mineral, serta minum susu untuk kebutuhan lemaknya. Hari selanjutnya bahannya bisa variasi. Yang jelas, tidak membosankan, tapi juga jangan sampai tidak seimbang.
"Setiap individu itu unik dan berbeda. Karenanya, apa yang cocok untuk seseorang belum tentu cocok untuk orang lain. Kebutuhan nutrisi setiap orang tergantung pada usia, tingkat stres, jenis kelamin, berat badan, faktor emosional, latihan fisik yang dijalankan, dan penyakit yang diderita," sebut Prof. Ali.
Karena itu, setiap orang mesti paham benar dengan dirinya. Tipe darah bisa dipakai sebagai tambahan informasi untuk mengenali diri, tapi jangan digunakan sebagai patokan dasar. Kalau kurang paham, kita bisa berkonsultasi dengan ahli gizi bagaimana menyikapi diri sendiri. "Yang jelas, setiap hari gizi seimbang dengan variasinya mesti dijalani," tutur Dr. Samuel.
Khas Pemburu Sampai Sensitif
Berdasar penelitiannya, Dr. D’Adamo membuat kesimpulan untuk masing-masing tipe darah, sebagai berikut:
Tipe darah O, yang disebut sebagai pemburu, memiliki ciri khas:
- Sistem kekebalannya berlebihan.
- Dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi protein dan rendah karbohidrat, seperti daging, buah, ikan, sayuran.
- Tidak cocok bila berdiet dan mudah beradaptasi dengan lingkungan.
- Respon yang baik atas stres bisa ditanggapi dengan aktivitas fisik.
- Memiliki risiko terkena penyakit yang disebabkan oleh radang dan kerusakan organ seperti arthritis bila makanan yang diasup tidak sesuai.

Tipe darah A berciri khas:

- Jalur pencernaan cukup sensitif.
- Dianjurkan menjadi vegetarian atau makan tinggi karbohidrat dan rendah lemak.
- Stres biasanya bisa diatasi lewat meditasi.
- Sistem kekebalan tubuhnya tidak sekuat tipe O.

Tipe Darah B berciri khas:

- Dianjurkan untuk melakukan diet dengan berbagai variasi dari semua tipe darah termasuk di dalamnya daging.
- Tipe darah ini sangat cocok dengan asupan produk susu.
- Dianjurkan juga menjalani latihan gerak seperti renang dan jalan kaki.
- Bila makanan yang diasup tidak sesuai dengan tipe ini, diduga risiko terkena virus yang bisa menyerang sistem saraf sangat tinggi.
- Memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat.
- Bila seseorang bertipe ini stres, akan sangat cocok bila diatasi dengan melakukan pekerjaan yang membutuhkan kreativitas.
- Tipe darah ini adalah tipe yang paling seimbang.

Tipe Darah AB berciri khas:

- Memiliki jalur pencernaan yang sensitif.
- Sistem kekebalan tubuh sangatlah toleran.
- Respon yang paling baik terhadap stres biasanya dengan melakukan kegiatan spiritual dibarengi dengan aktivitas fisik dan kreativitas.
- Masih dalam tahap evolusi.
- Paling mampu beradaptasi terhadap perubahan lingkungan dan bentuk diet.
- Bentuk gabungan dari tipe A dan B.

BAB III

PENUTUP

A.KESIMPULAN

Dari semua pembahasan tentang golongan darah maka dapat ditarik kesimpulan :

Tipe darah bisa dipakai sebagai tambahan informasi untuk mengenali dirinya.Dua jenis golongan darah yang paling penting adalah ABO dan Rh,golongan darah manusia ditentukan berdasar antigen dan antibody yang terkandung dalam darahnya.

Golongan darah berguna pada saat kita melakukan transfuse darah.

Golongan darah adalah ciri khusus darah dari satu individu karena adanya perbedaan jenis karbohidrat dan protein pada permukaan membrane sel darah merah.

Sifat manusia mempunyai sifat yang berbeda-beda sesuai dengan golongan darah nya tersebut.

B.SARAN

Pada pihak-pihak yang mungkin kurang mengerti dengan semua isi dari makalah ini. Semua itu dapat diajukan semua saran tersebut kepada penulis yang bersangkutan . Penulis sangat berterimakasih , jika ada antara pihak-pihak yang lain dapat memberikan sarannya terhadap makalah ini. Dengan demikian penulis mengucapkan terimakasih.

DAFTAR PUSTAKA

-(Abdi Susanto, http://www.kompas.co.id/ 21 April 2003)

-M.H. Purnomo, dkk, Operator Skill Acquisisition for Re-setting the Adjuster Position of an Energy Meter Proc.of IEEE Instrumentation and Measurement Technology Conference, 1998, Hal.286-288.

-www.google.com

-(Abdi Susanto, http://www.kompas.co.id/ 21 April 2003)