Panduan tentang Menu

"Selamat Datang di Blog Cara Mengisi Blog dengan Modul Pembelajaran

Alergi NOVA(072012919)IIA

ALERGI

1. Pengertian alergi
Alergi merupakan perubahan reaksi atau respon pertahanan tubuh yang menolak dan tidak tahan terhadap zat-zat yang sebenarnya tidak berbahaya
Penyakit alergi dapat menampilkan dirinya dalam berbagai bentuk manifestasi , dimulai dari bersin-bersin , kulit berbentol-bentol yang gatal serta sulit bernafas seperti pada asma bronkiale sampai renjatan anafilaktik
Alergi menyerang semua tingkatan umur, dari bayi yang baru dilahirkan sampai lanjut usia. Masalah penyakit alergi sedemikian kompleks dan rumit sehingga memerlukan perawatan yang cermat dan memakan waktu yang lama.

2. Penyebab alergi
Pada hakikatnya semua benda asing yang masuk kedalam tubuh disebut sebagai antigen. Antigen ini dapat masuk kedalam tubuh seseorang melalui berbagai cara. Sebagai akibatnya tubuh diransang untuk membuat zat anti.zat anti ini mempunyai spesifisitasterhadap antigen yang masuk.zat anti berfungsi untuk menetralkan pengaruh yang ditimbulkan oleh antigen.
Alergi menurun dalam keluarga , dua factor kunci yang memungkinkan untuk mendapatkan alergi. Yang pertama adalah susunan genetika. Gen alergi yang mengontrol produksi immunoglobulin E (IgE) Anti bodi alergi dan radang yang dapat memicu reaksi alergi . factor kedua adalah paparan terhadap allergen –zat yang memicu terjadi reaksi itu.


Beberapa penyebab dari alergi
no Penyebab alergi keterangan
1 Tungau atau kutu rumah Tungau rumah , terutama tinjanya , merupakan penyebab alergi utama . menyerang 90% penderita alergi.
2 Serbuk sari atau rumput Menyebabkan reaksi pada 70 % penderita alergi .jumlahnya akan meninngkat bila lebih banyak lahan pertanian yang diubah menjadi padang rumput yang gundul
3 Binatang piaraan 40 % anak terkena asma akibat terpicu oleh allergen dari kucing dan anjing
4 Tanaman Tanaman merupakan penyebab umum demam serbuk sari
5 Jamur Jamur seperti aspergilus fumigatus dan alternaria yang sering terdapat di atmosfer dapat menyebabkan serangan asma yang parah
6 Alergi makanan Susu,telur,dan juga kacang dapat menyebabkan alergi makanan dan zat pewarna serta pengawet dapat memicu serangannya.

3. Alergi dan pengaruhnya
Waktu antara kontak dengan allergen sampai timbulnya serangan serangan alergi sangat bervariasi . reaksi tersebut dapat dibagi dalam 3 kelompok besar, yaitu:
1. Reaksi pertama ; reaksi nya sangat cepat sehingga bibir dan kerongkongan langsung membengkak dan menghalangi masuknya makanan
2. Reaksi kedua : terjadi lebih lambat , perlu waktu berjam-jam, sehingga sulit mengetahui jenis makanan yang menyebabkan alergi tersebut
3. Reaksi ketiga : terjadi lebih lama lagi. Manifestasi klinis biasanya berupa kemerahan pada kulit yang gatal.
 Zona alergik (shock organ)
Zona alergik merupakan bagian tubuh yang akan terserang alergi bila seseorang yang alergik terkena allergen
 Zona pertama dan asma bronkiale
Ada dua jenis allergen yang mempengaruhi zona pertama ini yaitu berupa makanan,obat-obatan dan tepung sari menyebabkan asma non infektif dimana asma timbul cepat dan hilang nya juga cepat. Jenis allergen yang kedua yaitu berupa bakteri, virus atau parasit.
 Zona kedua dan rintis alergika / hay fever
Zona kedua meliputi mata, hidung, dan tenggorokan.alergen nya berupa debu, makanan, bakteri tepung sari dan hewan piaraan. Manifestasinya berupa mata yang gatal, berair dan merah.hidung terus mengocor dan bersin-bersin
 Zona ketiga dan alergi kulit
Alergennya terbagi menjadi 2 kelompok yaitu:
Pertama : allergen yang sering kontak dengan permukaan kulit seperti kosmetik, zat warna dan bahan-bahan kimia lainnya yang berhubungan dengan pekerjaan.Reaksi ini berasal dari kekebalan yang di antar melalui sel yaitu sel limfosit-T
Kedua : allergen-alergen yang baru bekerja setelah masuk kedalam tubuh.termasuk makanan seperti telur dan susu atau obat-obatan dan bakteri yang tertelan.alergen kelompok kedua ini menyebabkan kelainan kulit yang menyeluruh.


 Zona keempat
Dalam zona ini termasuk jantung dan pembuluh-pembuluh darah.alergennya berupa aspirin dan tembakau. Allergen ini dapat mengganggu fungsi jantung dan melambatkan aliran darah sepanjang arteri dan vena
 Zona kelima
Zona ini meliputi saluran pencernaan dengan focus dilambung. Allergen berupa makanan, obat-obatan dan bakteri
 Zona keenam dan mata
Allergen dibagi kedalam 2 kelompok;
Pertama : allergen berupa makanan, obat-obatan dan bakteri
Kedua : tepung sari, obat-obatan dan binatang piaraan serta zat warna.
 Zona ketujuh dan susunan syaraf
Allergen pada zona ini adalah susu, telur, coklat dan obat-obatan kina , arsen, sulfa, antitetanus serum, dan liver extract. Dapat menyebabkan kebutaan ,tuli , kejang-kejang , pembengkakan ,dizziness ,nyeri kepala , dan kelumpuhan anggota gerak.

4. Pemeriksaan alergi
 Tes goresan (scratch test)
Pemeriksaan ini berfungsi dalam menentukan allergen pada gangguan pada lambung , migren , ruam kulit dan asma
 Tes intradermal
Tes ini sering dilakukan karena reaksinya cepat. Hasilnya dapat dibaca dalam 8 sampai 15 menit setelah penyuntikan.
 Tes tambal (patch test)
Tes tambal dapat menolong dalam usaha menemukan sumber alergennya , bila alergik terhadap obat-obatan , tumbuh-tumbuhan , pakaian atau yang berhubungan dengan pekerjaan.
 Interpretasi hasil pemeriksaan
Setelah waktu pemeriksaan ditentukan , dokter akan mencari kemungkinan adanya bercak merah, pembengkakan dan gelembung-gelembung kecil. Jika kullit normal hasil tes ditulis 0 atau negative.
Jika ditemukan bercak kemerahan, hasilnya ditulis +1. jika ditemukan kemerahan , pembengkakan dan gelembung kecil, hasilnya ditulis 2+ 3+ , 4+.
 Eye test
Eye tes berguna untuk kasus –kasus yang dicurigai alergik terhadap tepung sari , debu dan bulu binatang.
 Diet eliminasi
Cara ini merupakan pemeriksaan yang efektif dalam menentukan penyebab alergi yang berasal dari makanan.
 Passive transfer test
Pemeriksaan ini didasarkan pada reaksi prausnitz – kustner. Serum dari penderita alergik disuntik kan kepada individu yang tidak alergik.individu tsb kemudian dipaparkan terhadap allergen yang dicurigai,jika terjadi reaksi terhadap masuknya allergen , ini menunjukkan bahwa penderita alergik juga akan memberikan reaksi terhadap bahan –bahan allergen tsb.
 Prist dan rast , metode in-vitro yang mutakhir
Prist (paper radio immuno sorbent test) dipakai untuk mengukur kadar total IgE.
Rast (radio alergo sorbent test) digunakan untuk mengukur kadar IgE yang spesifik , derajat , hipersensitifitas terhadap suatu allergen yang spesifik.





5. Obat-obatan untuk pengobatan alergi
a) Dekongestan
Obat tetes hidung atau semprotan dekongestanseperti efedrin bekerja dengan menyempitkan pembuluh darah yang mensuplai lapisan tepi hidung,hingga membuat jaringan hidung mengkerut dan melapangkan sumbatan dihidung.
b) Bronkodilator
Obat bronkodilator bekerja dengan melemaskan pengerutan otot- otot halus yang mempersempit jalan napas pada paru-paru penderita asma.
c) Emolien
Emolien melemaskan dan melembabkan kulit dan merupakan pengobatan dasar untuk kelainan kulit seperti gatal dan bersisik.
d) Antihistamin
Efektif untuk mengobati gatal-gatal dan bersin – bersin. Obat ini juga tidak menyebabkan mulut kering.
e) Obat anti alergi
Golongan obat ini termasuk anti diantaranya sodium kromoglikat dan nedokromil sodium tetap unik karena obat ini bekerja dengan mencegah sel mast dan eosinofil. Melepaskan histamine dan zat kimia kompleks lainnya yang menyebabkan peradangan.
f) Kortikosteroid
Kortikostteroid merupakan anti alergi dan anti peradangan yang sangat ampuh dan efektif. Obat ini bekerjapada tingkat gen didalam sel , mencegahnya membuat zat kimia penting penyampai pesan yang disebut sitokin yang mempengaruhi system kekebalan tubuh pada tingkat yang sangat mendasar.